Cara Membuat Spagheti Meatball dan Mozarella

1 views

Cara Membuat Spagheti – Halo, bikin main course yuk! Olahan nasi? Hemm, kayanya sudah biasa ya. Kalau masak masakan Italia ada yang suka ga ya? Kalau aku sih sukaak banget! Apa lagi kemarin sempet makan pasta yang enak banget di sebuah resto. Jadi kebayang-bayang terus nih 😀

Awalnya sih aku pengin bikin spagheti atau spaghetti bolognese saja yang mudah dan praktis dibuat. Tapi pengin coba-coba membuat spaghetti ala resto yang kemarin aku icip-icip. Walaupun hasilnya ga secantik a la restauran, tapi kalau soal rasanya mah ga jauh. Hehehe 🙂

Baca Juga : Resep Cara Membuat Lasagna Enak Praktis

Oh iya, berbicara pasta makanan asal Italia ini ada beberapa jenis nya. Sebenernya bahan utama atau bahan dasar pembuatnya sama-sama berasal dari tepung. Hanya saja yang membuat beda adalah bentuk dan modelnya saja, sesuai dengan peruntukan masakannya. Aneka jenis pasta yang sering kita jumpai adalah Farfalle, Conchiglioni, Canneloni, Lasagna, Fusilli, Macaroni, Penne dan yang paling terkenal di Indonesia adalah Spaghetti.

Lalu apa sih spageti / spagheti / spaghetti itu? Versi Wikipedia spagheti adalah mi Italia yang berbentuk panjang seperti lidi, yang umumnya di masak 9-12 menit dalam air mendidih al dente yang artinya tidak lengket di gigi, tidak terlalu mentah maupun matang.

Cara menikmatinya pun bervariasi, tapi yang sangat terkenal adalah Spaghetti ala Bolognese yaitu dengan saus daging cincang lalu ditaburi keju Parmesan parut dan juga kreasi terbaru adalah spageti carbonara.

Cicipi Juga : Resep Membuat Macaroni Panggang Super Enak Praktis

Nah sekarang sudah tambah pengetahuan tentang pasta Italia kan? Lanjut ke cara membuat spagheti meatball dan mozarella ala aku ya. Karena aku pengin yang istimewa jadi aku tambahin meatball homemade yang aku olah sendiri. Yah, walaupun agak menyita waktu yang lumayan. Tapi rasa lelah rasanya hilang pas makan suapan pertama spagheti meatbal mozarella ini. Rasanya mantap!

Daripada penasaran dan mengandai-andai, langsung saja yuk di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Spagheti Meatball dan Mozarella seperti berikut ini.

Step by Step Membuat Spagheti Meatball Mozarella

Cara Membuat Spagheti By Bunda Bukibuk Cookpad 

Bahan-bahan Spagheti :

  • Pasta spagheti 2 porsi (Kalau aku pakai merek Spagetiku ukuran 30 x 400 gram. Kemarin lagi banyak di diskon pasta di TokoWahab.com jadi nyetok di rumah deh. Rasanya enak dan teksturnya lebih kenyal karena dibuat dari gandum berkualitas)
  • Saus bolognese ukuran besar 1 buah
  • Light olive oil 5 sendok makan (bisa di ganti minyak goreng)
  • Daging sapi cincang 50 gram
  • Bawang bombay 1 buah, cincang kasar
  • Bawang putih 4 siung, cincang halus
  • Garam, gula pasir, merica bubuk, dan penyedap rasa (optional) secukupnya

Bahan-bahan Meatballs (bola-bola daging) :

  • Daging sapi cincang 100 gram
  • Bawang bombay 1/2 buah, cincang halus
  • Bawang putih 1 siung, cincang halus
  • Keju cheddar parut 20 gram
  • Telur 1 butir
  • Tepung roti 40 gram
  • Light olive oil 2 sendok makan (bisa di ganti minyak goreng)
  • Garam, merica, gula dan penyedap rasa (optional) secukupnya

Bahan Taburan / Pelengkap :

  • Keju mozarella parut secukupnya (Aku pakai merek Achor Mozxarella Cheese, kemarin aku beli di Toko Wahab juga, lumayan dapat harga grosir. Membantu sekali nih produk-produk yang di tawarkan oleh TokoWahab.com, komplit, murah dan pelayanan oke)
  • Parsey segar cincang secukupnya

Cara Membuat Spagheti Meatball dan Mozarella :

  • Langkah awal rebus pasta dalam air mendidih yang diberi garam dan sedikit minyak. Masak hingga al dente. Angkat, sisihkan.
  • Meatballs : Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu dan kecoklatan, masukkan ke dalam wadah, campurkan semua bahan meatballs, aduk rata. Koreksi rasa, dan tambahkan jika ada bumbu yang kurang. Selanjutnya bentuk bulat sebesar bakso. Panaskan olive oil, lalu goreng sampai kecoklatan, sisihkan.
  • Saus bolognese : Panaskan olive oil, masukkan bawang putih dan bawang bombay, lalu tumis sampai bawang bombay layu. Masukkan daging sapi cincang tumis sampai matang, kemudian masukkan saus bolognese. Beri gula, garam, merica dan penyedap rasa. Cicipi, koreksi rasa sesuaikan dengan selera.
  • Langkah berikutnya taruh spaghetti di atas piring saji, taburi mozarella cheese dan meatball panas-panas. Lalu taburkan irisan parsley cincang. Sajikan cepat, nyuuumi!


Jangan Lewatkan : Resep Macaroni Schotel Praktis

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep dan Cara Membuat Spagheti Meatball dan Mozarella. Semoga bermanfaat, silahkan SHARE Bun 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *